Pembuatan Batik

Pembuatan Batik

Pembuatan Batik khas Kota Probolinggo menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Kota Probolinggo, baik dalam bentuk batik cap maupun tulis. Sebanyak 20 sanggar batik yang tergabung dalam Paguyuban Kiprokota, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan batik khas Kota Probolinggo. Batik tidak lagi menjadi barang souvenir bagi para wisatawan, namun proses pembuatan batik menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di kota Probolinggo juga dapat kegiatan membuat batik,Probolinggo memiliki corak batiknya sendiri, mangga dan anggur ikon kota probolinggo menjadi ciri batik probolinggo. Aktifitas wisata pembuatan batik ini dibuka dihampir semua sentra batik yang ada di Kota Probolinggo. Wisatawan dapat ikut dalam proses pembuatan batik, yaitu dari proses melukis diatas kain, mencanting dan memberi warna, sampai pada proses pencucian dan pengeringan.

Hasil dari pembuatan batik yang dilakukan oleh wisatawan, akan menjadi bahan souvenir yang dapat dibawa oleh wisatawan sendiri. Selain kain dan baju batik khas Kota Probolinggo sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan itu sendiri.

Aktifitas ini sangat diminati oleh para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang datang dan berkunjung ke Kota Probolinggo. Paket city tour Kota Probolinggo juga salah satunya menawarkan sentra batik sebagai salah satu paket yang paling diminati. Sehingga sentra batik menjadi spot wisata belanja yang atraktif bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo.

Sentra batik yang tersebar di Kota Probolinggo, berada di beberapa tempat yang berlokasi sangat strategis. Beberapa sentra batik yang menawarkan paket pembuatan batik dan gerai pusat oleh-oleh kain dan baju batik khas Kota Probolinggo, yaitu Batik Arum Manis, Batik Tenggeran, Batik Manggur. Sentra batik tersebut menawarkan paket-paket yang sangat menarik dan menjadi destinasi unggulan Kota Probolinggo.

Kedepan, akan dibangun sebuah kampung batik yang didalamnya akan menjadi pusat pengembangan dan pendidikan batik khas Kota Probolinggo, pembuatan batik, dan pemasaran batik. Diharapkan wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo dapat menikmati keindahan dan pesona batik khas Kota Probolinggo, serta memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan yang datang.