Pembuatan Kerupuk Ikan

Pembuatan Kerupuk Ikan

Pembuatan kerupuk ikan di Kota Probolinggo, menjadi sebagai salah satu pusat pengolahan hasil laut pada skala industri rumah tangga. Berbagai jenis produk hasil laut, salah satunya adalah Pembuatan Kerupuk Ikan. Kerupuk ikan yang populer di Kota Probolinggo yaitu Kerupuk Ikan Tengiri.

Kerupuk ikan tengiri yang bahan dasar adalah ikan tengiri, dapat dengan mudah ditemukan di Kota Probolinggo. Dengan mempertimbangkan posisi strategis Kota Probolinggo yang berada didaerah pesisir pantai utara, menghasilkan berbagai jenis produk hasil laut yang beragam seperti ikan tengiri.

Dengan mudah ditemukannya sumber bahan baku dan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hasil produk perikanan, para UKM yang bergerak di bidang industri pengolahan makanan hasil laut memanfaatkan ikan tengiri dan berbagai jenis ikan lainnya sebagai produk makanan oleh-oleh khas Kota Probolinggo.

Salah satu pusat oleh-oleh yang ada di Kota Probolinggo yaitu Toko Kerupuk Ikan Tengiri yang berada di Jl. KH. Mansyur (Timur Aloon-aloon). Toko oleh-oleh tersebut menjual berbagai produk makanan berbahan ikan tengiri. Sedangkan untuk lokasi pembuatan kerupuk ikan ini di sisi Utara Kelurahan Mayangan kota Probolinggo dan beberapa tempat industri rumah tangga lainnya.

Dengan harga yang relatif sangat murah, kerupuk ikan Tengiri menjadi oleh-oleh yang harus dibawa oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo.

Kerupuk ikan kota probolinggo memiliki bentuk yang unik, bentuk ini yang membedakan kerupuk ikan khas Kota Probolinggo dengan kerupuk ikan lainnya. Kerupuk ikan ini berbentuk bulat dan terbuat dari ikan tengiri. Rasa gurih dari ikan tenggiri menjadi rasa yang dominan di kerupuk ini. Kerupuk ikan ini juga merupakan oleh oleh khas Kota Probolinggo.