Produk Daur Ulang

Produk Daur Ulang

Produk daur ulang atau pengolahan sampah menjadi sebuah produk hasil kerajinan bernilai ekonomis tinggi di Kota Probolinggo.  Dengan menjadikan limbah plastik, kain, kayu dan sebagainya sebagai produk hasil guna dan multi guna. Menciptakan produk-produk daur ulang juga membangun bentuk kreatifitas masyarakat. Serta dapat menemukenali berbagai peluang-peluang ekonomi pada tataran ekonomi keluarga.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk pengolahan limbah sampah secara benar dan berkelanjutan. Serta akan mengurangi tingkat pencemaran lingkungan di tingkat perkotaan. Di Kota Pobolinggo, limbah yang dapat di daur ulang akan mendapatkan penanganan yang baik menjadi benda yang bermanfaat. Seperti limbah plastik yang dapat di daur ulang menjadi tas, keranjang dan lain lain.

Selain dapat melihat proses pengolahan limbah, Anda juga dapat ikut membuat kerajinan dari limbah yang di daur ulang. Lokasi pembuatan produk daur ulang ini, baik yang ada di UPT Pengolahan Sampah Limbah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. Lokasi di Jl anggrek, Kota Probolinggo atau di berbagai kelompok masyarakat (Pokmas) yang tergabung dalam paguyuban peduli sampah.

Sentra Produk Daur Ulang

Salah satu sentra kerajinan produk daur ulang sampah yaitu UD. Srikandi yang terletak di Perum Kopian, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Memproduksi berbagai jenis produk unggulan daerah yang berasal dari produk daur ulang. Harganya juga relatif sangat terjangkau.

Produk seperti tas, topi, sepatu, dan pernak-pernik lainnya sangat digemari oleh berbagai segmen masyarakat di luar Kota Probolinggo. Dengan mempertimbangkan bahwa produk daur ulang sebagai salah satu produk bernilai tinggi. Disisi lain juga memiliki keunikan, serta telah menjadi tren setter di masyarakat.

Anda juga dapat belajar untuk prakek membuat produk daur ulang. Dari mulai memilah-milah jenis sampah, membersihkan, memotong, menjahit. Sampai dengan pengemasan produk menjadi produk yang layak jual dan bernilai ekonomis tinggi.

Kota Probolinggo masih belum memiliki sentra khusus yang menjual produk-produk daur ulang, sehingga Anda dapat menemukan hanya di sentra industri rumah tangga yang tersebar di beberapa tempat di Kota Probolinggo.