Wisata Pengolahan Sampah – 再生垃圾旅游

Wisata Pengolahan Sampah

Wisata pengolahan sampah yang ada di Kota Probolinggo, telah menjadi percontohan pengellaansampah oleh berbagai derah. Kota yang telah meraih penghargaan sebagai lokasi percontohan pengelolaan sampah dan limbah nasional. Eksistensi tempat ini sangat berpeluang sebagai salah satu bentuk daya tarik wisata. Khususnya dalam pemilahan sampah organik dan an organik, pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk. Disisi lain, pemanfaatan sampah menjadi gas metan, serta pemanfaatan sampah an organik sebagai produk daur ulang.

Pengembangan bentuk wisata ini sangat unik, dengan menjadikan berbagai benda yang tidak berguna atau sudah tidak dimanfaatkan lagi, menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Proses pemanfaatan dan pengolahan limbah juga menjadi bagian penting sebagai daya tarik wisata. Para wisatawan juga diberikan pendidikan dalam upaya pengelolaan sampah menjadi berbagai jenis produk bermanfaat. Wisatawan juga dapat mengikuti proses dengan praktek langsung pengolahan limbah dan sampah. Dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Disisi lain, hasil pengolahan limbah dapat dijadikan sebagai souvenir yang dapat dijual kepada para wisatawan.

Bentuk Wisata Pengolahan Sampah

Wisatawan juga diajak untuk berkeliling ke lokasi pengolahan dan akan dibantu oleh pemandu wisata setempat, dalam memberikan informasi secara lengkap terhadap proses awal datangnya sampah, pemilahan sampah, pengolahan sampah dari berbagai tahapan, sampai dengan proses pemanfaatan dan distribusi hasil pengolahan sampah.

Secara umum kegiatan wisata ini lebih bersifat pemberdayaan masyarakat dan pendidikan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap upaya-upaya untuk mengurangi produksi sampah. Serta membangun kesadaran para wisatawan untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Dan menimbulkan berbagai bentuk kreatifitas dalam pengolahan dan pengelolaan sampah dan limbah di tempat masing-masing wisatawan. Lokasi wisata pengolahan sampah dan limbah yaitu di UPT Pengolahan Sampah Limbah, Jl. Anggrek, Kota Probolinggo.

Probolinggo City has been awarded as the pilot site of national waste management. The existence of the landfill is one of other opportunities to be a tourist attraction, especially in waste management(organic and in organic waste sorting, processing waste to be methane gas, and processing in organic waste to be recycling products). it is located on UPT Pengolahan Sampah Limbah, Jl. Anggrek, Probolinggo City.

庞越市被评为国家废物管理的试点。垃圾填埋场的存在是吸引了游客的机会之一,特别是废物管理 (有机与非有机废物分类,有机废弃物的肥料化处理,有机废弃物处理甲烷气体的研究,有机废弃物的回收处理)。再生垃圾旅游位于旅游垃圾处理场存在UPT垃圾处理, 庞越市,Anggrek路。