Booklet Wisata Kota Probolinggo

Kota Probolinggo merupakan salah satu kota dengan posisi sangat strategis yaitu sebagai pintu masuk utama wisatawan ke kawasam Gunung Bromo, memiliki akses laut yaitu sebagai pusat bersandarnya kapal pesiar internasional dan akses dari jalur darat, baik dengan moda transportasi bus dan kereta api, sebagai kota yang menghubungkan kota-kota besar di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Kedepan, Kota Probolinggo akan memiliki rute penyeberangan kapal cepat atau ferry yang menghubungkan Kota Probolinggo dengan Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura. Serta akses jalan tol yang menghubungkan Kota Probolinggo dengan kota-kota lain.

Kota Probolinggo memiliki berbagai daya tarik wisata meliputi Museum Probolinggo, Museum dr. Saleh, Gereja Merah, Klenteng Tri Dharma, Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), Bee Jay Bakau Resort (BJBR), Aloon-aloon, Telusur Mangrove, Wisata Mancing, Wisata Minat Khusus (Membatik dan Membuat Keramik), Pasar Ikan dan Pelabuhan Tanjung Tembaga. Serta beberapa even wisata yang diselenggarakan secara rutin, yaitu even Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo), SPKP (Semarak Pagi kota Probolinggo), Karapan Sapi Brujul.

Pengembangan wisata Kota Probolinggo dewasa ini juga mulai berkembang dengan baik, yaitu dengan munculnya berbagai daya tarik wisata baru, salah satunya adalah Diving Karang Katon yang terletak sepanjang 1.5 mil laut. Diveing Karang Katon merupakan spot diving dengan orientasi wisata berbasis konservasi lingkungan. Bentuk konservasi lingkungan yaitu budidaya terumbu karang. Wisata berbasis lingkungan sangat digemari oleh masyarakat pecinta lingkungan yang konsen terhadap konservasi lingkungan dan kekayaan hayati laut.

Booklet wisata ini selain berisi informasi terkait daya tarik wisata di Kota Probolinggo, juga dilengkapi dengan sarana pendukung wisata seperti peta wisata, sarana akomodasi, travel agent, kuliner, hasil kerajinan UKM dan oleh-oleh khas Kota Probolinggo. Harapanya booklet wisata Kota Probolinggo menjadi rujukan dan pedoman bagi calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Probolinggo. Disisi lain, booklet wisata Kota Probolinggo juga dilengkapi dengan peluang investasi wisata di Kota Probolinggo, yaitu wisata permainan air atau water boom dan agrowisata anggur dan mangga.