Budaya

Budaya Kota Probolinggo

Budaya Kota Probolinggo sebagai salah satu kota di pesisir Utara Pulau Jawa yang kaya akan perpaduan berbagai unsur budaya. Budaya dari berbagai etnis telah mendominasi beragam corak budaya masyarakat Kota Probolinggo. Sebaran berbagai etnis yang mendiami  memberikan pengaruh positif berkembangnya akulturasi. Akulturasi bernilai strategis menciptakan perpaduan unsur yang dinamis. Membentuk sebuah budaya baru yang memiliki akar budaya kuat, yaitu Pendhalungan.

Budaya Pendhalungan

Penduduk Kota Probolinggo yang sebagian adalah pendatang, juga memberikan warna tersendiri. Budaya Pendhalungan khas masyarakat pesisir yang notabene memiliki perbedaan. Merupakan perpaduan unsur multi etnis antara budaya Etnis Jawa, Madura, Arab dan Tionghoa. Masing-masing unsur seni budaya multi etnis tidak berdampak pada ketersinggungan budaya. Namun  memiliki ciri khas keseimbangan, penuh toleransi, kebersamaan dan keterbukaan. Budaya Pendhalungan masyarakat sangat unik dan memiliki kharakter kuat.

Budaya Pendhalungan mengalami perkembangan, baik seni musik, tari dan teater.  Seni musik yang menjadi bagian bentuk kolaborasi budaya, yaitu Musik Patrol dan Dug Dug. Demikian juga dengan seni tari dan teater yang memiliki ciri khas tersendiri.