Panduan Perjalanan

Panduan Perjalanan ke Kota Probolinggo

Kota Probolinggo terletak sekitar 3 jam atau berjarak 100 km sebelah Tenggara Kota Surabaya. Kota Probolinggo dapat di akses melalui jalur darat menggunakan bus dan kereta api dan kapal pesiar. Jika menggunakan transportasi udara  maka di mulai dari bandara internasional Ir Juanda di Surabaya, yang kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kereta api dari Stasiun Kereta Api Gubeng turun di Stasiun Probolinggo atau dengan menggunakan bus dari Terminal Bungurasih menuju Terminal Bayuangga. Dengan jarak tempuh dengan Kereta Api sekitar 2 jam ke Kota Probolinggo dan sekitar 3 jam dengan menggunakan moda transportasi bus.

Di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo memiliki berbagai sarana transportasi umum ke berbagai tujuan. Kota Probolinggo memiliki lebih dari 27 jenis akomodasi yang memadai bagi wisatawan seperti hotel berbintang dan penginapan tipe hotel melati. Sehingga dapat mempermudah Anda saat berkunjung ke Kota Probolinggo. Selain sarana akomodasi yang memadai, juga dilengkapi dengan berbagai lokasi kuliner dan destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata buatan, wisata sejarah, wisata kuliner dan ekowisata.

Anda dapat berkunjung ke Kota Probolinggo dengan menggunakan kendaraan sewa maupun sarana transportasi umum serta bus keliling kota secara gratis. Bus city tour Kota Probolinggo yang beroperasi setiap hari Rabu dan Minggu, pukul 09.00 wib dan 10.00 wib. Terdapat beberapa bangunan bersejarah yang patut di kunjungi di Kota Probolinggo seperti Gereja Merah peninggalan masa kolonial Belanda, Museum Probolinggo dan rumah dr. Saleh yang saat ini dijadikan museum.  sebagai kota yang memiliki pesisir,kota probolinggo memiliki banyak produk olahan hasil laut,dan hasil laut yang melimpah,seperti kerupuk ikan,ikan asap,dan keripik ikan. Wisata bahari di kota probolinggo juga cukup berkembang. Karang Katon, yang berjarak sekitar 2 km dari bibir pantai dengan kedalaman sekitar 15 m, sebagai spot diving dan edukasi lingkungan dengan keanekaragaman terumbu karang dan air yang jernih serta biota laut yang mengagumkan,menjadikan Karang Katon sebagai destinasi baru yang banyak diminati wisatawan.

Kota Probolinggo merupakan kota transit bagi beberapa wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo,memiliki banyak potensi wisata. wisata kuliner di Kota Probolinggo juga menarik untuk di coba,etnis pendalungan,tionghoa dan arab menjadikan kuliner di kota Probolinggo beragam. mulai dari soto madura hingga kebab dapat ditemui di Kota Probolinggo.