Data Kunjungan Kapal Pesiar-游轮出访数据

Data Kunjungan Kapal Pesiar ke Kota Probolinggo, yang merupakan salah satu kota dengan posisi yang sangat strategis, memiliki pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan Tanjung Tembaga dewasa ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat bongkar muat barang kebutuhan pokok, namun sebagai lokasi pintau masuk wisatawan asing yang menggunakan sarana transportasi kapal pesiar. Di Jawa Timur, hanya terdapat 3 pintu masuk wisatawan kapal pesiar yaitu Surabaya, Sumenep dan Kota Probolinggo.

Kota Probolinggo dengan posisi yang sangat strategis dan dengan pelabuhan Tanjung Tembaga yang memiliki nilai sejarah tinggi, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya wisatawan kapal pesiar untuk terus berkunjung ke Kota Probolinggo. Disisi lain, kondisi pelabuhan Tanjung Tembaga yang sangat representatif sebagai tempat bersandarnya kapal pesiar, serta memiliki sarana prasarana yang sangat memadai. Meskipun pelabuhan Tanjung Tembaga masih belum bisa disandari oleh kapal pesiar, dengan mempertimbangkan pada tingkat kedalaman yang masih 10 m.

Sehingga proses kedatangan kapal pesiar ke Kota Probolinggo yang dimulai dari pukul 09.00 – 17.00 wib yaitu dengan pengecekan dari Kantor Kesyahbandaran Probolinggo terkait kelengkapan dokumen, CIQ, dan kelengkapan lainnya. Proses selanjutnya yaitu mengangkut penumpang wisatawan dari kapal pesiar dengan menggunakan kapal kecil atau sekoci yang berkapasitas 150 orang, yang berfungsi membawa para penumpang dari kapal pesiar ke darat. Kapal sekoci akan terus bergantian membawa dan mengantar balik para penumpang kapal pesiar menuju ke daratan.

Perkembangan Kota Probolinggo sebagai salah satu kota tujuan wisata kapal pesiar dimulai sejak tahun 2011, dan dengan grafik angka kunjungan kapal pesiar yang semakin naik dari tahun ke tahun. Berbagai kapal pesiar dari Eropa dan Australia terus berdatangan untuk berkunjung ke Kota Probolinggo dan menikmati keindahan, seni budaya, belanja dan keramahan masyarakat Kota Probolinggo. Dengan semakin meningkatnya sarana prasarana penunjang kedatangan kapal pesiar, diharapkan akan semakin meningkatnya angka kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Kota Probolinggo. Sebagai kota tujuan wisata kapal pesiar, Kota Probolinggo memiliki beberapa data kunjungan kapal pesiar 2018, yaitu:

有关游轮访问Probolinggo市的数据,Probolinggo市是一个具有非常战略地位的城市,拥有丹戎坦巴加港。今天的丹戎Tembaga港不仅是基本生活必需品装卸的场所,也是入境外国游客使用游轮运输设施的场所。在东爪哇岛,只有3个游轮入口,即泗水、Sumenep和Probolinggo市。

Probolinggo市具有很强的战略地位,与Tanjung Tembaga港具有很高的历史价值,已成为游客特别是游轮游客继续游览Probolinggo市的特别景点。另一方面,Tanjung Tembaga港作为游轮赖以生存的地方,具有很好的基础设施。尽管Tanjung Tembaga港仍然不能被游轮停泊,但考虑到深度仍然为10米。

使游轮到达普罗布林戈市的过程从09.00-17.00 WIB开始,即通过检查Probolinggo Kesyahbandaran办事处有关文件、CIQ和其他设备的完整性。下一个过程是使用一艘容量为150人的小船或救生艇从游轮上运送游客,用于将游轮上的乘客带到陆地上。救生艇将继续轮流运载和护送游轮乘客到大陆。

作为邮轮旅游目的地之一的Probolinggo市的开发始于2011年,并且每年都有越来越多的游轮访问量。来自欧洲和澳大利亚的各种游轮继续抵达Probolinggo市,享受普罗布林戈市人民的美丽、艺术和文化、购物和款待。随着支持邮轮抵达的基础设施不断增加,预计到Probolinggo市的邮轮游客数量将增加。作为邮轮旅游目的地城市,Probolinggo市有2018年邮轮出访的部分数据,即:

Download (PDF, 61KB)

Download (PDF, 64KB)

Download (PDF, 62KB)