Data Kunjungan Kapal Pesiar

Data Kunjungan Kapal Pesiar ke Kota Probolinggo, yang merupakan salah satu kota dengan posisi yang sangat strategis, memiliki pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan Tanjung Tembaga dewasa ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat bongkar muat barang kebutuhan pokok, namun sebagai lokasi pintau masuk wisatawan asing yang menggunakan sarana transportasi kapal pesiar. Di Jawa Timur, hanya terdapat 3 pintu masuk wisatawan kapal pesiar yaitu Surabaya, Sumenep dan Kota Probolinggo.

Kota Probolinggo dengan posisi yang sangat strategis dan dengan pelabuhan Tanjung Tembaga yang memiliki nilai sejarah tinggi, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya wisatawan kapal pesiar untuk terus berkunjung ke Kota Probolinggo. Disisi lain, kondisi pelabuhan Tanjung Tembaga yang sangat representatif sebagai tempat bersandarnya kapal pesiar, serta memiliki sarana prasarana yang sangat memadai. Meskipun pelabuhan Tanjung Tembaga masih belum bisa disandari oleh kapal pesiar, dengan mempertimbangkan pada tingkat kedalaman yang masih 10 m.

Sehingga proses kedatangan kapal pesiar ke Kota Probolinggo yang dimulai dari pukul 09.00 – 17.00 wib yaitu dengan pengecekan dari Kantor Kesyahbandaran Probolinggo terkait kelengkapan dokumen, CIQ, dan kelengkapan lainnya. Proses selanjutnya yaitu mengangkut penumpang wisatawan dari kapal pesiar dengan menggunakan kapal kecil atau sekoci yang berkapasitas 150 orang, yang berfungsi membawa para penumpang dari kapal pesiar ke darat. Kapal sekoci akan terus bergantian membawa dan mengantar balik para penumpang kapal pesiar menuju ke daratan.

Perkembangan Kota Probolinggo sebagai salah satu kota tujuan wisata kapal pesiar dimulai sejak tahun 2011, dan dengan grafik angka kunjungan kapal pesiar yang semakin naik dari tahun ke tahun. Berbagai kapal pesiar dari Eropa dan Australia terus berdatangan untuk berkunjung ke Kota Probolinggo dan menikmati keindahan, seni budaya, belanja dan keramahan masyarakat Kota Probolinggo. Dengan semakin meningkatnya sarana prasarana penunjang kedatangan kapal pesiar, diharapkan akan semakin meningkatnya angka kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Kota Probolinggo. Sebagai kota tujuan wisata kapal pesiar, Kota Probolinggo memiliki beberapa data kunjungan kapal pesiar 2018, yaitu:

Download (PDF, 61KB)

Download (PDF, 64KB)

Download (PDF, 62KB)