Pokdarwis

Pokdarwis

Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata Kota Probolinggo. Merupakan bentuk upaya masyarakat dalam ikut serta pengembangan kepariwisataan. Secara umum pokdarwis menjadi motor penggerak wisata di Kota Probolinggo.

Peran Penting Pokdarwis

Menjadi bagian penting dalam pengembangan sektor pariwisata. Pokdarwis mampu menciptakan peluang-peluang paket wisata. Masyarakat yang kaya akan potensi, memiliki peluang strategis. Disisi lain, ditunjang dengan kualitas produk yang berdaya saing.

Peran penting pokdarwis juga dipengaruhi dengan kondisi aksesibilitas yang ke lokasi pokdarwis. Semakin bagus kondisi aksesibilitasnya, semakin berpeluang berkembang optimal.

Kelompok Sadar Wisata: Fokus Pengembangan

Beberapa kelompok sadar wisata yang ada di Kota Probolinggo memiliki potensi berbeda. Potensi kegiatan yaitu Kesenian dan Lingkungan. Beberapa kelompok sadar wisata di Kota Probolinggo yaitu Pokdarwis Kelurahan Jati. Pokdarwis Kelurahan Jati lebih fokus pada kegiatan kesenian musik.

Pokdarwis Sumber Sentong, Kelurahan Jrebeng Wetan dengan fokus pada lingkungan berakar pada potensi sumber mata air. Pokdarwis Pantai Takat, Kelurahan Ketapang berfokus pada potensi pantai dan bahari.

Pokdarwis Pantai Permata, Kelurahan Pilang memiliki kemiripan dengan pokdarwis pantai takat. Sedangkan Pokdarwis Sukabumi, Kelurahan Sukabumi.

Download (PDF, 4.19MB)