Profil Wisata

PROFIL WISATA KOTA PROBOLINGGO

Informasi berbagai Objek Wisata

Kota Probolinggo dengan luasan wilayah sebesar 56.667 km2, memiliki sebaran kekayaan potensi alam dan budaya, yang mampu dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber perekonomian masyarakat. Dengan kultur masyarakat Pendalungan yang multi etnis meliputi Etnis Jawa, Etnis Madura, Etnis Arab dan Etnis Tionghoa. Kota Probolinggo memiliki hasil bentuk-bentuk kolaborasi budaya, dan terus akan dikembangkan sebagai modal dasar dalam pengembangan perekonomian masyarakat dalam konteks yang lebih luas. Kota Probolinggo sebagai kota pesisir juga memiliki potensi alam bahari yang luar biasa.

Dewasa ini, pengembangan di sektor kepariwisataan akan diarahkan pada upaya pengembangan wisata bahari dengan mempertimbangkan pada potensi bahari dan hutan mangrove, wisata budaya dengan mempertimbangkan pada sebaran bangunan kuno peninggalan sejarah, serta wisata buatan yang salah satunya dengan penyelenggaraan even-even wisata. Hal tersebut juga tidak terlepas dari rencana pengembangan Kota Probolinggo kedepan sebagai Kota Minapolitan, yaitu dengan menjadikan Pelabuhan Tanjung Tembaga sebagai sentra pelabuhan bongkar muat peti kemas dan pelabuhan kapal pesiar.

Perkembangan Objek Wisata dan Sarana Wisata

Kota Probolinggo memiliki sekitar 40 jenis objek wisata yang tersebar, baik wisata alam, wisata sejarah, dan wisata buatan atau wisata minat khusus. Sedangkan daya tarik wisata yang memberikan kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) mencapai 9 (sembilan) daya tarik wisata.

Jumlah sarana akomodasi yang ada di Kota Probolinggo mencapai 27 buah,dengan jumlah kamar mencapai 730 kamar dengan berbagai tipe. Terdiri dari 1 hotel bintang 3, 1 hotel resort dan 25 hotel melati. Dengan semakin berkembangnya pertumbuhan sarana akomodasi di Kota Probolinggo, menunjukan bahwa Kota Probolinggo telah tumbuh sebagai kota wisata unggulan di Jawa Timur. Disisi lain, dengan semakin berkembangnya sarana akomodasi menunjukan bahwa Kota Probolinggo sangat terbuka kepada para investor yang ingin berinvestasi di berbagai sektor jasa pariwisata.

Kedepan, Kota Probolinggo akan menjadi kota transit yang memiliki berbagai fasilitas pendukung, baik pusat oleh-oleh maupun yang representatif sebagai wahana rekreasi keluarga. Kota Probolinggo juga membuka banyak peluang investasi di sektor pariwisata, baik dalam pengembangan wisata minat khusus, akomodasi dan sarana pendukung pariwisata.