Renstra Disbudpar

Rencana Strategis ( Renstra) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo Tahun 2019-2024 merupakan dokumen perencanaan Perangkat Daerah untuk periode 5 (lima) tahun, yang disusun sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo serta berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Probolinggo Tahun 2019 – 2024.

Dokumen Renstra disusun melalui proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama 5 (lima) tahun kedepan secara sistematis dan berkesinambungan dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau yang mungkin timbul. Proses tersebut akan menghasilkan sebuah dokumen perencanaan yang memuat tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program dan kegiatan yang akan dan harus dilaksanakan sampai dengan tahun 2024 mendatang.

Renstra Perangkat Daerah terkait kuat dengan RPJMD, yaitu hubungan antara tujuan RPJMD dengan tujuan/sasaran Perangkat Daerah. Renstra juga akan menjadi dasar/acuan dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) yang disusun setiap tahun sebagai rencana pelaksanaan pembangunan yang ditetapkan sebagai Rencana Kinerja Tahunan (RKT).

Fungsi Rencana Strategis (Renstra) selain untuk merencanakan suatu perubahan dan untuk pengelolaan keberhasilan, Renstra juga berfungsi sebagai tolok ukur terhadap hasil yang ingin dicapai dan peningkatan kualitas pelayanan, serta guna peningkatan produktivitas ( contuinuous inprovement).

Berkaitan dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang merupakan instrumen pertanggungjawaban, maka Renstra merupakan langkah awal dalam melaksanakan program dan kegiatan berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Probolinggo, dan sekaligus untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah sebagaimana ketentuan pada Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999.

Penyusunan Renstra Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2019 – 2024 dimaksudkan agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo mampu menjawab tuntutan lingkungan strategis baik lokal, regional, nasional maupun global sehingga disamping tetap berada dalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga mampu eksis dan berkembang dalam rangka meningkatkan kinerja secara profesional.

Adapun tujuan disusunnya Renstra Tahun 2019 – 2024 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo adalah untuk : (1) menjabarkan arahan RPJMD Kota Probolinggo Tahun 2019 – 2024 ke dalam rencana instansional, (2) menjabarkan tugasdan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2019– 2024 kedalam tujuan, sasaran serta program kerja operasional dan kegiatan indikatif PD, (3) menyediakan dokumen perencanaan jangka menengah sebagai dasar/acuan untuk penyusunan rencana kerja dan rencana kinerja tahunan, (4) menentukan strategi dan arah kebijakan untuk pengelolaan keberhasilan, penguatan komitmen yang berorientasi pada masa depan, adaptif terhadap perubahan lingkungan strategis, peningkatan komunikasi vertikal dan horisontal, serta peningkatan produktivitas dan menjamin efektivitas penggunaan sumber daya organisasi.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo dalam mewujudkan tugas dan fungsinya menetapkan tujuan yaitu : “Meningkatnya PAD dari sektor pariwisata” Sedangkan sasaran yang akan dicapai dalam kurun waktu 2019-2024 sebagai berikut: a. Terwujudnya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. b. Terwujudnya pelestarian dan pengelolaan seni dan budaya daerah;