Standar Pelayanan Gedung Kesenian

STANDAR PELAYANAN PUBLIK
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

A. KOMPONEN STANDART PELAYANAN
Untuk penyelenggaraan pedoman standart pelayanan public di Gedung Kesenian di uraikan sebagai berikut :

1. Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) Penggunaan Gedung Kesenian
a. Persyaratan
 Penyewa / Pengunjung mematuhi tata tertib yang ada di Gedung Kesenian;
 Penyewa / Pengunjung ikut menjaga kebersihan di Gedung Kesenian;

b. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
 Calon Pengguna mengajukan surat permohonan kepada Kepala DISBUDPAR dengan tembusan Dewan Kesenian dan Dinas Perijinan Kota Probolinggo;
 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menerbitkan surat ijin sewa
 Calon Pengguna melunasi pembayaran retribusi penggunaan di Dinas Perijinan Kota Probolinggo;

c. Jangka Waktu Pelayanan
Jangka waktu pelaksanaan pelayanan :
 Gedung Kesenian buka setiap hari jam kerja
 Hari Senin s/d Jum’at pukul 08.00 – 16.30 WIB
Hari Sabtu – Minggu dan hari libur nasional tutup.

e. Biaya / Tarip
Untuk pelayanan di gedung kesenian dikenakan sewa pertunjukan seni Rp. 200.000, perpisahan sekolah Rp. 300.000 dan kegiatan kesenian komersial Rp. 500.000. sesuai dengan Perwali Nomor 11 Tahun 2014

f. Produk Layanan
Produk pelayanan yang diterima oleh pengunjung berupa tampilan Kesenian dan budaya kota probolinggo.

g. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Pengaduan berupa kritik, saran, masukan dapat disampaikan melalui :
 Hotline dengan nomor (0335) 426653 dan atau 429996;
 Tersedia Kotak Saran/Pengaduan;
 Mengisi formulir dan memasukkan ke kotak saran/pengaduan yang tersedia di lokasi / tempat pelayanan;
 Pengaduan / laporan dapat ditindak lanjuti jika identitas pengadu/pelapor dapat diketahui dengan jelas;
 Penanganan keluhan/pengaduan dilaksanakan secepat dan sesingkat mungkin dan dengan berkoordinasi dg pihak yag terkait

1. Pengelolaan Pelayanan (Manufactoring) Penggunaan Gedung Kesenian
a. Dasar Hukum
Penyelenggaraan pelayanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 99 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo.

b. Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pemberian layanan adalah berupa :
 Alat tulis;
 Meja dan kursi;
 Toilet ;

c. Kompetensi Petugas
Dalam pelaksanaan layanan ini petugas yang tersedia :
Petugas Pendidikan Sikap petugas
Petugas administrasi SMA Sabar, teliti dan bertalenta
Petugas kebersihan SMP, SMA Sabar, cekatan dan bertalenta

d. Pengawasan Internal
Pengawasan internal dilakukan oleh Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo secara berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

e. Jumlah Pelaksana
Dalam memberikan pelayanan petugas yang dibutuhkan sebanyak 2 orang terdiri dari 1 orang petugas administrasi dan 1 orang petugas kebersihan

f. Jaminan Pelayanan
Dalam memberikan pelayanan, kepada pengguna Gedung Kesenian, dengan :
 Memberikan informasi yang akurat dan efektif;

g. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
 Lokasi Gedung Kesenian berada di tempat yang strategis di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung,;
 Petugas selalu siap memberikan informasi dan keterangan yang dibutuhkan, dengan sebaik-baiknya.

h. Evaluasi Kinerja Pelayanan
Kinerja pelaksana/petugas pelayanan dimonitor dan dievaluasi setiap bulan untuk memastikan layanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Demikian uraian Pedoman Standar Pelayanan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo. Pedoman ini akan dijadikan sebagai panduan bagi pelaksanaan pelayanan oleh aparatur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo dan implementasinya diharapkan mampu mewujudkan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat Probolinggo.

KEPALA DINAS
KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

AGUS EFENDI, S.Sos, M. Si
Pembina Utama Muda
NIP. 19730909 199201 1 001