Standar Pelayanan Kolam Renang TRA Bayuangga

STANDAR PELAYANAN PUBLIK
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

A. KOMPONEN STANDART PELAYANAN
Untuk penyelengaraan pedoman standar pelayanan publik di Kolam Renang TRA Bayuangga diuraikan sebagai berikut :

1. Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) Pemanfaatan Kolam Renang

a. Persyaratan
– Rombongan
 Perwakilan pengunjung membeli tiket masuk kolam renang Bayuangga;
 Memakai pakaian renang;
– Perorangan
 membeli tiket masuk kolam renang Bayuangga;
 Memakai pakaian renang;
– Bulanan
 Bagi calon pengunjung bulanan mengirim surat pemberitahuan kepada petugas/pengelola dengan tembusan Kepala Disbudpar;
 Membeli tiket masuk kolam renang Bayuangga;
 Memakai pakaian kolam renang;

b. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

 Pengunjung langsung datang ke loket masuk kolam renang;
 Pengunjung membeli tiket masuk;
 Petugas melayani pembelian tiket masuk,sambil menjelaskan tentang kebersihan disekitar kolam renang dan standart keselamatan;
 Pengunjung menuju petugas portir;
 Petugas portir menyobek karcis/tiket masuk dan
mempersilahkan pengunjung masuk kolam renang;
 Pengunjung menuju kamar ganti dan mengganti pakaian dengan
pakaian renang;
 Pengunjung membilas badan terlebih dahulu di pancuran
bilas yang tersedia sebelum berenang;
c. Jangka Waktu Pelayanan
Jangka waktu pelaksanaan pelayanan :
– Kolam Renang Bayuangga buka setiap hari
– Hari Senin s/d Minggu pukul 07.00 – 17.00 WIB
– Hari libur nasional dan hari besar keagamaan tetap buka kecuali pada
saat-saat tertentu yang telah ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan&Pariwisata

d. Biaya / Tarip
Pengenaan biaya/tarip berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, dengan rincian sebagai berikut :
• Kolam Renang tra BAYUANGGA
* Pengunjung umum (rata-rata) Rp. 5.000,-/ orang
* Rombongan Rp. 1.500,-/ orang minimal 25 orang
* Bulanan Rp. 30.000,-/ orang/bulan

e. Produk Layanan
 Produk pelayanan yang diterima oleh pemohon adalah berupa :
Penggunaan kolam renang Bayuangga;
 Informasi yang efektif dan akurat tentang kolam renang Bayuangga dengan penyediaan fasilitas pendukung kolam renang dan standarisasi air kolam renang

f. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Pengaduan berupa kritik, saran, masukan dapat disampaikan melalui :
– Hotline dengan nomor (0335) 426653 dan atau 429996;
– Mengisi formulir dan memasukkan ke kotak saran/pengaduan yang tersedia di lokasi / tempat pelayanan;
– Pengaduan / laporan dapat ditindak lanjuti jika identitas pengadu/pelapor dapat diketahui dengan jelas.
– Tersedia Kotak Saran/Pengaduan
– Penanganan keluhan / pengaduan dilaksanakan secepat dan sesingkat mungkin dan dengan berkoordinasi dg pihak yag terkait.

2. Pengelolaan Pelayanan (Manufactoring) Pemanfaatan Kolam Renang Taman Rekreasi Anak Bayuangga.

 Dasar Hukum
Penyelenggaraan pelayanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 99 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo

 Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pemberian layanan adalah berupa :
– Kolam Renang anak-anak dan dewasa;
– Tempat penitipan barang untuk pengunjung;
– Persewaan alat-alat perlengkapan renang;
– Kamar mandi/bilas;
– Tempat Ibadah/Mushola;
– Toilet Umum;
– Ruang Tunggu;
– Kotak PPPK;
– Permainan anak (ayunan dan seluncuran) bagi pengunjung khususnya anak-anak.

 Kompetensi Pelaksana
Dalam pelaksanaan layanan ini petugas yang tersedia :
Petugas Pendidikan Sikap petugas
Petugas loket SMP, SMA Sabar, cekatan
Petugas kebersihan SMP, SMA Sabar, cekatan
Petugas SAR SMA Sabar, cekatan,bisa berenang

 Pengawasan Internal
Pengawasan internal dilakukan oleh Seksi Destinasi Wisata Bidang Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, secara berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 Jumlah Pelaksana
Dalam memberikan pelayanan dibutuhkan petugas sebanyak 9 orang terdiri dari : Petugas Loket 2 Orang, Petugas SAR 4 Orang dan petugas Kebersihan 3 Orang
 Jaminan Pelayanan
Dalam memberikan pelayanan, pihak pemberi layanan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, diantaranya :
– Membersihkan area kolam renang sebelum pengunjung datang;
– Menjaga kebersihan air kolam.

g. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
– Petugas SAR (Resceu) selalu siap di lokasi, untuk mengantisipasi apabila
jika terjadi insiden kecelakaan saat pengunjung berenang.

h. Evaluasi Kinerja Pelayanan
Kinerja pelaksana/petugas pelayanan dimonitor dan dievaluasi setiap bulan untuk memastikan layanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

KEPALA DINAS
KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

AGUS EFENDI, S.Sos, M. Si
Pembina Utama Muda
NIP. 19730909 199201 1 001