Standar Pelayanan Museum Probolinggo dan Museum dr Saleh

STANDAR PELAYANAN PUBLIK
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

A. KOMPONEN STANDART PELAYANAN
Untuk penyelenggaraan pedoman standart pelayanan public di Museum Probolinggo dan Museum Dr. Saleh di uraikan sebagai berikut :

1. Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) Jasa Kepemanduan

a. Persyaratan
 Bagi calon pengunjung (kelompok/rombongan) mengirim surat pemberitahuan kepada petugas/pengelola Museum;
 Pengunjung wajib mengisi buku kunjungan (buku tamu);

b. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
 Pengunjung langsung datang di lokasi / Museum;
 Pengunjung mengisi buku kunjungan/tamu;
 Petugas melayani pengunjung dan dipandu oleh petugas / guide ( bagi pengunjung yang bersifat rombongan ataupun khusus);
 Apabila membawa barang pengunjung wajib menitipkan kepada petugas penitipan barang;
 Pengunjung berkeliling museum

c. Jangka Waktu Pelayanan
Jangka waktu pelaksanaan pelayanan Museum Kota Probolinggo:
– Pelayanan Museum pada hari Selasa s/d Minggu;
– Jam pelayanan pukul 08.00 – 14.00 WIB;
– Pelayanan tutup/libur pada hari Senin, Hari Libur Nasional dan Hari Besar Keagamaan;
– Jangka waktu ideal untuk kunjungan yang bersifat rombongan sekitar 30 menit;
– Jangka waktu ideal untuk kunjungan perorangan sekitar 15 menit.

d. Biaya / Tarip
Pengunjung Museum Kota Probolinggo tidak dikenakan biaya ( gratis).

e. Produk Layanan
Produk pelayanan Museum Kota Probolinggo, meliputi :
 Display benda-benda koleksi;
 Bimbingan edukatif cultural;
 Pusat konservasi dan preparasi benda-benda bersejarah;
 Benda-benda yang bercorak kebudayaan;
 Pengenalan dan penghayatan kesenian;
 Pusat penyaluran ilmu dan penikmat karya seni;
 Media pembinaan pendidikan kesenian dal ilmu pengetahuan serta teknologi.

f. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Pengaduan berupa kritik, saran, masukan dapat disampaikan melalui :
 Surat pengaduan/saran/masukan yang dikirim kepada instansi pengelola pelayanan ( Disbudpar);
 Telepon Kantor Disbudpar dengan nomor (0335) 426653 dan atau 429996;
 Mengisi formulir dan memasukkan ke kotak saran/pengaduan yang tersedia di lokasi / tempat pelayanan;
 Pengaduan / laporan dapat ditindak lanjuti jika identitas pengadu/pelapor dapat diketahui dengan jelas;
 Setiap pengaduan dicatat dalam buku daftar pengaduan;
 Tersedia Kotak Saran/Pengaduan;
 Penanganan keluhan/pengaduan dilaksanakan secepat dan sesingkat mungkin dan dengan berkoordinasi dg pihak yag terkait;

2. Pengelolaan Pelayanan (Manufactoring) Jasa Kepemanduan Museum Probolinggo.
a. Dasar Hukum
Penyelenggaraan pelayanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo berdasarkan :
 Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 99 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo;
 Surat Keputusan Walikota Probolinggo Nomor : 188.45 / 263 / KEP / 425.012 / 2009 tentang Dasar Pendirian Museum;
 Surat Keputusan Walikota Probolinggo Nomor : 188.45 / 198 / KEP / 425.012 / 2013 tentang Bangunan dan Benda Cagar Budaya Museum Daerah Probolinggo.

b. Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pemberian layanan adalah berupa :
Pelayanan :
– TOA;
– Pena dan leaflet

c. Kompetensi Petugas
Dalam pelaksanaan layanan ini petugas yang tersedia :
– Rata-rata pendidikan : SMA
– Sikap petugas : Sabar, cekatan, ramah
– Kompetensi petugas :
– Memiliki pengetahuan tentang teknik pengelolaan Museum;
– Memiliki pengetahuan tentang pemeliharaan benda-benda bersejarah;
– Mampu menyusun kerangka acuan kerja pengelolaan dan pemeliharaan yang menyangkut jadwal pelaksanaan, fasilitas pendukung, pelaksanaan kegiatan, metode kerja dan perawatan benda-benda koleksi;
– Mampu mengoperasikan komputer;
– Mampu mengakses internet;
– Mampu menjelaskan sejarah Kota Probolinggo
– Mampu/memiliki ketrampilan berbahasa asing.

d. Pengawasan Internal
Pengawasan internal dilakukan oleh Seksi Museum dan Cagar Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, secara berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
 Penanggung jawab adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo;
 Penyelenggaraan, pengelolaan, dan pemeliharaan Museum/benda-benda koleksi dibawah pengawasan Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo;
 Pelaksana pelayanan adalah staf pada Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kebudayaan.

e. Jumlah Pelaksana
Dalam memberikan pelayanan petugas yang ada sebanyak :
– Koordinator 1 orang
– Petugas Pelayanan/Pemandu/Recepsionis/Perpustakaan 2 orang

f. Jaminan Pelayanan
Dalam memberikan pelayanan, pihak pemberi layanan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, diantarannya :
 Tata Tertib dengan SOP yang berlaku;
 Maklumat Pelayanan.

g. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
Demi menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung, diberlakukan tata tertib pengunjung, dan juga tersedianya CCTV dan Alat Pemadam Kebakaran di beberapa titik.

h. Evaluasi Kinerja Pelayanan
Kinerja pelaksana/petugas pelayanan dimonitor dan dievaluasi setiap bulan untuk memastikan layanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

KEPALA DINAS
KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

AGUS EFENDI, S.Sos, M. Si
Pembina Utama Muda
NIP. 19730909 199201 1 001