Standar Pelayanan Pusat Informasi

Standar Pelayanan Pusat Informasi

Standar Pelayanan Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Kota Probolinggo dalam rangka peningkatan pelayanan. Khususnya dalam pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke PIP.

Standar Pelayanan Pusat Informasi: Bentuk Pelayanan Pusat Informasi

A. KOMPONEN STANDART PELAYANAN
Untuk penyelenggaraan pedoman standart pelayanan public di Pusat Informasi Pariwisata di uraikan sebagai berikut :

1. Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) Jasa Informasi

a. Persyaratan
 Pengunjung/tamu wajib mengisi buku tamu;
 Pengunjung mematuhi tata tertib yang ada di PIP;
 Pengunjung wajib memakai sepatu/sandal;
 Pengunjung ikut menjaga kebersihan di PIP;
 Pengunjung ikut menjaga keamanan di dalam PIP;
 Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman ke dalam PIP.
b. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
 Pengunjung datang langsung mengisi buku tamu;
 Petugas melayani pengunjung yang membutuhkan informasi;
 Pengunjung mendapatkan informasi sesuai yang dibutuhkan;
 Pengunjung tidak diperkenankan menanyakan hal-hal atau informasi diluar kewenangan/tupoksi di PIP.

c. Jangka Waktu Pelayanan
Jangka waktu pelaksanaan pelayanan :
 Pusat Informasi Pariwisata (PIP) buka setiap hari kerja
 Hari Senin s/d Jum’at pukul 07.30 – 16.30 WIB
Hari Sabtu – Minggu dan hari libur nasional tutup.

d. Biaya / Tarip
Untuk pelayanan informasi di Pusat Informasi Pariwisata (PIP) tidak dikenakan biaya (gratis).

e. Produk Layanan
Produk pelayanan yang diterima oleh pengunjung PIP berupa pemberian informasi yang efektif dan akurat tentang pariwisata di Kota Probolinggo.

f. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Pengaduan berupa kritik, saran, masukan dapat disampaikan melalui :
 Hotline dengan nomor (0335) 426653 dan atau 429996;
 Tersedia Kotak Saran/Pengaduan;
 Mengisi formulir dan memasukkan ke kotak saran/pengaduan yang tersedia di lokasi / tempat pelayanan;
 Pengaduan / laporan dapat ditindak lanjuti jika identitas pengadu/pelapor dapat diketahui dengan jelas;
 Penanganan keluhan/pengaduan dilaksanakan secepat dan sesingkat mungkin dan dengan berkoordinasi dg pihak yag terkait

2. Pengelolaan Pelayanan (Manufactoring) Jasa Informasi

a. Dasar Hukum
Penyelenggaraan pelayanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 99 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo.

b. Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pemberian layanan adalah berupa :
 Komputer;
 Alat tulis;
 Meja dan kursi;
 Air Conditioner (AC);
 Toilet ;
 Fasilitas Wifi;
 Tersedia booklet dan leaflet;
 Tourism map (peta pariwisata).

c. Kompetensi Petugas
Dalam pelaksanaan layanan ini petugas yang tersedia :
b. Rata-rata pendidikan : D3
c. Sikap petugas : Sabar, cekatan, menguasai bahasa asing

d. Pengawasan Internal
Pengawasan internal dilakukan oleh Bidang Promosi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo secara berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

e. Jumlah Pelaksana
Dalam memberikan pelayanan petugas yang dibutuhkan sebanyak 1 orang

f. Jaminan Pelayanan
Dalam memberikan pelayanan, pihak pemberi layanan tetap menjaga kenyamanan pengunjung, dengan :
 Memberikan informasi yang akurat dan efektif;
 Disediakan peta pariwisata dan data jasa usaha pariwisata yang ada di Kota Probolinggo, terutama bagi pengunjung / wisatawan mancanegara.

g. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
 Lokasi PIP berada di tempat yang strategis di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung, karena PIP berada tepat di depan Stasiun Kereta Api Kota Probolinggo;
 Petugas selalu siap memberikan informasi dan keterangan yang dibutuhkan, dengan sebaik-baiknya.

h. Evaluasi Kinerja Pelayanan
Kinerja pelaksana/petugas pelayanan dimonitor dan dievaluasi setiap bulan untuk memastikan layanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

KEPALA DINAS
KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA PROBOLINGGO

AGUS EFENDI, S.Sos, M. Si
Pembina Utama Muda
NIP. 19730909 199201 1 001